22 November 2010

Non aktifkan Google Instan Preview Dengan Greasemonkey

Google Instan preview, yang diluncurkan akhir-akhir ini merupakan fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk mempreview website pada halaman hasil pencarian. Dengan Instant Preview, pengguna dapat melihat gambaran dari hasil pencarian, sehingga pengguna diharapkan tidak akan tersesat ke website atau blog sampah.

Bagi anda yang suka tampilan minimalis dan efisien, pasti tidak menyukai instant preview ini. Begitupun saya, fasilitas Instant preview ini lebih banyak merepotkannya, apalagi koneksi saya yang hanya menggunakan GPRS. Dan lagi, tidak seperti fasilitas google search lainnya, instant preview ini tidak memiliki option untuk mematikannya.

Meski begitu, kita dapat menggunakan script Greasemonkey untuk Firefox dan Google Chrome untuk menontaktifkan fasilitas instant preview yang menyebalkan ini.

Untuk pengguna Firefox, caranya sebagai berikut:
  • Install add on Greasemonkey untuk firefox, silahkan cari di google atau cobalah link berikut https://addons.mozilla.org/firefox/addon/748
  • Firefox restart. Kalau instalasi berhasil akan ada icon monyet di kanan bawah firefox, dan kasih tanda check agar enable.
  • Setelah greasemonkey terinstall, kita tinggal menginstall script untuk menonaktifkan instant preview. Silahkan dicoba link berikut http://userscripts.org/scripts/show/90659
  • atau http://userscripts.org/scripts/source/90659.user.js
  • Jika instalasi berhasil, maka akan ada tulisan Disable Instant Previews / Enable Instant Previews di halaman hasil pencarian google di sebelah kanan atas.
  • Jika tidak berhasil, coba restart dulu Firefox anda.

Untuk pengguna Chrome, langkah-langkahnya juga sama, apalagi Chrome memiliki fasilitas internal yang mendukung script Greasemonkey.

Tidak ada komentar: