29 Maret 2011

Tanda-tanda Diabetes Type 1 dan Type 2

Jika anda terkena diabetes berarti jumlah glukosa anda terlalu tinggi. Dalam darah terkandung juga glukosa, tetapi jumlah yang berlebihan menjadi tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Diabetes Type 1

Diabetes tipe 1, merupakan type diabetes yang kurang banyak dijumpai, terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang insulin - yang memproduksi sel-sel dalam pankreas- dan menghancurkannya. Pankreas kemudian hilang kemampuannya untuk menghasilkan suplai insulin yang memadai.

Tanda-tanda Diabetes Type 1

Gejala diabetes tipe 1 muncul tiba-tiba dan berkembang paling sering pada anak-anak dan dewasa muda. Segera konsultasi ke dokter jika anda memiliki gejala sebagai berikut:
- Sering haus,
- Sering buang air kecil,
- Selalu merasa lapar,
- Sakit perut,
- Mual,
- Berat badan turun,
- Penglihatan kabur,
- Kelelahan.

Diabetes Type 2

Bentuk yang lebih umum dari diabetes adalah diabetes tipe 2. Sembilan puluh sampai 95 persen orang yang terkena diabetes merupakan Diabetes Type 2. Pada diabetes tipe 2, pankreas memproduksi insulin, tetapi sel-sel tubuh tidak dapat secara efektif menggunakannya. Hasil akhir adalah sama dengan diabetes tipe 1: menumpuknya glukosa dalam darah dan ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan sumber utama bahan bakar secara efisien.

Tanda-tanda Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah bentuk yang lebih umum dari penyakit diabetes. Gejala-gejala diabetes tipe 2 berkembang secara bertahap dan tidak terlihat seperti pada diabetes tipe 1. Segera konsultasi ke dokter jika anda memiliki gejala sebagai berikut:
- Sering kencing, terutama pada malam hari,
- Sering haus,
- Berat badan turun,
- Penglihatan kabur,
- Kelelahan,
- Sering infeksi,
- Memperlambat penyembuhan luka.

Tidak ada komentar: