02 Juli 2010

Asparagus, Berserat Tinggi Pengikat Kanker

Asparagus merupakan sayur yang berasal dari tunas muda, yang umumnya dijual dalam bentuk tunas berwarna putih dan berwarna hijau. Sayuran yang lebih sering diolah menjadi krim sup ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan karena kaya akan vitamin C dan E, folat, kaya serat, bebas lemak dan kolesterol.

Kandungan seratnya sangat tinggi serta mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Hanya, cara pengolahan asparagus harus diperhatikan. Karena jika tidak, dikhawatirkan kandungan zat yang baik untuk tubuh tersebut akan hilang.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pengolahan, di antaranya dengan merebus asparagus sekitar 3-4 menit. Sebab, bila terlalu lama dapat mengubah warna dan segala manfaat asparagus akan hilang. Kandungan yang terdapat di dalam asparagus di antaranya adalah:

Asperegine
Zat yang berguna untuk memperbaiki pencernaan makanan dan melancarkan air seni.

Asam folik
Membantu mengurangi cacat bawaan pada bayi, kanker panggul, usus dan dubur, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit-penyakit jantung.

Aprodisiak
Zat untuk merangsang organ seksual dan mengobati nyeri menstruasi.

Vitamin C
Dapat membantu tubuh mencegah kanker, penyakit jantung, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Potassium
Meregulasi keseimbangan elektrolit dalam sel serta menjaga fungsi jantung dan tekanan darah yang normal, menyembuhkan batu empedu, batu ginjal, kanker prostat, juga vlek hitam kulit.

Akar rhizoma asparagus
Berkhasiat untuk pengobatan infeksi saluran kemih dan batu ginjal secara tradisional.

okezone

Tidak ada komentar: