21 Juni 2010

Kebiasaan Buruk yang Mempengaruhi Kesehatan

Beberapa kebiasaan buruk orang tidak hanya merusak kesehatan mereka sendiri tetapi juga membahayakan orang lain di sekitar mereka. Banyak kebiasaan ini merupakan hal yang dianggap sudah biasa atau lazim di masyarakat, tetapi sebenarnya resiko yang ditimbulkan sangat berbahaya.

Beberapa kebiasaan buruk itu antara lain:

Konsumsi Minuman Keras

Mungin orang beranggapan bahwa minuman keras / alkohol dapat mengakibatkan kesenangan besar kepada mereka, tetapi hal itu juga telah membawa banyak kerugian, terutama kepada keluarga dari orang-orang itu. Terlalu sering minum alhokol dan mabuk menyebabkan banyak permasalahan. Di sebagian besar dunia, berlebihan minum alkohol merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan-bahkan bagi orang lain yang tidak minum.

Mabuk tidak hanya membahayakan kesehatan orang-orang yang minum (melalui penyakit seperti sirosis hati, dan hepatitis), tetapi juga merugikan keluarga dan masyarakat dalam banyak cara. Ketika seseorang mabuk, maka orang itu akan bertindak di luar kesadarannya dan cenderung mengarah pada kekerasan, dan masyarakat yang sering jadi korban.

Beberapa pria bahkan lebih memilih membelanjakan uang mereka pada minuman keras ketika anak-anak mereka lapar, ketika anak-anak membutuhkan uang untuk sekolah, ketika anak-anak perlu obat karena sakit, dan masih banyak lagi.

Sekali seorang pria menyadari bahwa alkohol adalah merugikan kesehatan dan kebahagiaan orang-orang di sekelilingnya, apa yang bisa dia lakukan? Pertama, ia harus mengakui bahwa minum hanyalah "membawa masalah". Dia harus jujur dengan dirinya sendiri dan dengan orang lain. Beberapa orang dapat memutuskan untuk berhenti minum sendiri. Tetapi orang lain kadang membutuhkan bantuan dan dukungan-dari keluarga, teman, dan lain-lain untuk dapat menghentikan kebiasaan ini. Orang-orang yang telah menjadi peminum berat dan kemudian berhenti, merupakan orang terbaik untuk membantu orang lain melakukan hal yang sama.

Merokok

Ada banyak alasan mengapa merokok adalah berbahaya untuk kesehatan Anda sendiri dan keluarga anda:
  • Merokok meningkatkan resiko kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan bibir. (Semakin banyak anda merokok, semakin besar kesempatan mengidap  karena kanker.)
  • Merokok menyebabkan penyakit serius pada paru-paru, termasuk bronkitis kronis dan emfisema (dan mematikan bagi orang-orang yang telah memiliki kondisi atau memiliki asma).
  • Merokok dapat menyebabkan bisul perut atau membuat mereka lebih buruk.
  • Merokok meningkatkan kesempatan Anda untuk menderita atau mati akibat penyakit jantung atau stroke.
  • Anak-anak yang orang tuanya merokok memiliki lebih kasus pneumonia dan penyakit pernapasan lainnya daripada anak-anak yang orangtuanya tidak merokok.
  • Bayi dari ibu yang merokok selama kehamilan lebih kecil dan mengembangkan lebih lambat dari bayi yang ibunya tidak merokok.
  • Orang tua, guru, petugas kesehatan, dan lain-lain yang merokok memberi teladan yang tidak sehat bagi anak-anak dan remaja, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka juga akan mulai merokok.
  • Menghabiskan banyak uang untuk merokok. Di negara-negara miskin, banyak orang miskin membelanjakan uang lebih banyak untuk tembakau dibandingkan dana yang dibelanjakan negara pada program kesehatan. Jika uang yang dihabiskan untuk tembakau dialihkan untuk membeli makanan, anak-anak dan seluruh keluarga bisa sehat.

Minuman berkarbonasi (soft drink, pop soda, coke, minuman soda, cola)

Di beberapa daerah minuman-minuman ini menjadi sangat populer. Seringkali seorang ibu miskin akan membeli minuman bersoda untuk anak yang kurang gizi, padahal dengan uang yang sama bisa lebih baik digunakan untuk membeli 2 butir telur atau makanan bergizi lainnya.

Minuman bersoda tidak memiliki nilai gizi, selain dari gula. Kandungan gizi itu sangat tidak berarti dibanding dengan harga softdrink yang mahal. Anak-anak yang diberi banyak minuman berkarbonasi dan makanan manis lain sering bermasalah pada gigi pada usia dini. Minuman bersoda sangat buruk bagi orang dengan gangguan pencernaan asam atau ulkus lambung.

Lebih baik kita membuat minuman dari buah-buahan yang sehat dan jauh lebih murah daripada membeli minuman berkarbonasi.

Tidak ada komentar: