25 Juni 2010

Virus Komputer Sudah Dapat Menginfeksi Manusia

Selama ini virus yang berkembang di PC pasti akan menyebar di komputer. Lalu, apa jadinya jika virus komputer tersebut juga bisa menginfeksi manusia?

Peristiwa unik ini terjadi di Inggris. Seorang ilmuwan di University of Reading mengatakan dia menjadi orang pertama di dunia yang terinfeksi oleh virus komputer.

Adalah Dr Mark Gasson, mengakui telah terkontaminasi chip komputer yang ditanamkan di tangannya. Menurutnya itu bisa memiliki implikasi besar untuk perangkat kesehatan seperti alat pacu jantung jantung dan implan koklea.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa teknologi implan telah dikembangkan ke titik di mana implan mampu berkomunikasi, menyimpan dan memanipulasi data," katanya, seperti yang dilansir TG Daily, Kamis (27/5/2010).

"Mereka pada dasarnya adalah komputer mini. Hal ini berarti bahwa, seperti mainstream komputer yang mana mereka dapat terinfeksi oleh virus dan teknologi perlu mengimbangi ini. Sehingga implan, termasuk peralatan medis, dapat digunakan secara aman di masa depan," tambahnya.

Chip A high-end Radio Frequency Identification (RFID) yang ditanamkan ke tangan kiri Gasson tahun lalu, dapat memberikan akses yang aman untuk masuk ke dalam universitas dan juga perangkat genggamnya.

Setelah terinfeksi, chip merusak sistem utama yang digunakan untuk berkomunikasi dengannya. Sehingga, dia mengakui kalau dirinya merupakan orang yang pertama kemasukan virus komputer di dalam tubuhnya.

Tidak ada komentar: